Berai

Sudah.
Kau jangan memandangku terus.
Tahukah kau betapa sulitnya kuhapus wajahmu setiap malam?!
* * *
Jahatlah padaku.
Agar aku lebih mudah melupakanmu
* * *
Aku bukan takut ketinggian.
Aku hanya takut tak bisa terbang.
* * *
Aku bertanya dalam diam.
Kau menjawab dalam senyap.
Lalu kita tersesat dalam kebisuan.
* * *
Kamu bilang aku penakut
Aku bilang kamu pengecut
* * *
Kalau aku pergi
Kamu akan mencari atau hanya menyesali?
* * *
Sebenarnya aku ingin menamparmu
Biar kau cepat sadar
Tapi aku mencintaimu
Jadi kupilih pergi tanpa kabar
* * *
Kalau kepergianku tak bisa menyedihkanmu
Mungkin kehilanganku bisa sedikit memurungkanmu
* * *
Jika sekarang kau memilihnya
Maukah di kehidupan lain kau memilihku?
* * *
Kau adalah puisi yang tak pernah selesai kubaca
* * *
Jangan sombong.
Bisa saja besok kau yang mencariku
* * *
Jika kau tak bisa mencintaiku hari ini,
Kau bisa coba lagi besok
Sampai kau lupa bahwa sedang mencoba
* * *
Ini hobimu?
Merayuku lalu pergi berlalu?
* * *
Aku tak akan lelah mencintamu
Mungkin kau yang lelah dicintai olehku
* * *
Kita sama-sama berlari
Namun saat kumenoleh, aku sadar
Kita berlari menuju tempat berbeda




[Luka adalah semestanya puisi - Sapardi Djoko Damono]

Komentar