[Pulau Penang] George Town : Braga versi kota

Tradaaa...
Setelah absen beberapa lama akhirnya si gue bisa 'kembali' lagi nulis rubik ini, JAL-E!. Kangen deh hihi. So, gimana nih persiapan liburan akhir tahunnya? Pada mau kemana?
Oke, kali ini si gue mau sharing perjalanan si gue ke Pulau Penang, Malaysia. Eh, by the way ini livepost yah. Jadi masih anget, fresh from the oven. Ahay! (No titip-titip oleh-oleh!!)
Setelah perjalanan hampir lima jam (plus berenti di rest area more than 3 times, dan juga pake edisi ganti mobil dulu) akhirnya si gue sampe di Pulau Penang jam tujuh malem waktu setempat. Alias jam enam magrib waktu Bandung. Kali ini si gue masuk ke Pulau Penang via Jembatan Pulau Penang, gak naik feri. Bisa sih naik feri tapi berhubung cuaca gerimis dan juga menjelang magrib makanya si gue memilih via Jembatan Pulang Penang aja. Sekilas ngeliat Pulau Penang dari atas jembatan, si gue berasa kaya lagi di Hongkong (padahal belom pernah ke Hongkong. Anggap aja udah yah! Aamiin). Jadi kaya semacam kota pelabuhan gitu. Si gue sempet baca kalo Pulau Penang ini salah satu pusat industri di Malaysia. Pantes sih tadi si gue liat beberapa gedung (entah kantornya atau pabriknya atau mungkin juga keduanya) brand-brand yang si gue tau brand internasional. Kaya Everbest, Takasima dan lain-lain. Nah berhubung si gue udah overlate check-in dan juga udah kebelet mandi, si gue langsung menuju Hotel Malaysia di George Town, ibukotanya Pulau Penang. Hotel bintang 3 ini (versi Agoda) lumayan oke dengan letak yang buat si gue cukup strategis. Di pusat kota. Gak jauh dari dari Hotel Malaysia juga ada beberapa hotel lain kok. Pokoknya pusat kota banget!.
Nah tadi sih sempet liat sekilas kota George Town, kalo si gue perhatiin mayoritas dihuni sama keturunan tionghoa. Toko-toko, rumah semua beratribut tionghoa (lampion dan tempat sembahyang) juga nama-nama yang ditulis pake hanzì (asli, pusing bacanya!). Kata mas-mas pramusaji di tempat si gue makan malam, emang Pulau Penang banyak dihuni sama etnis tionghoa, terutama di kota-kotanya. Pantes, tulisan hanzì ada dimana-mana. Oke, buat hotel quite good dan si gue dapet kamar yang view-nya cukup oke. Buka jendela langsung liat pemandangan George Town malam hari  (livereport nih!). Cocok buat nulis dan yeah, something I like. The night (meski ada backsound karaokean lagu cina dari foodcourt di sebrang sana!)
Okeh, stop curhat gak jelasnya. Lanjut lagi. Tadi si gue makan di semacam foodcourt gitu. Namanya Medan Selera Padang  Brown. Letaknya di Jalan Anson. Kata mas-mas doorman yang si gue wawancara, katanya di situ tempat makan rame dan enak. Nah cus deh si gue ke sana. Berhubung gerimis dan juga mungkin masih hari kerja, jadi pas si gue ke sana gak rame. Lha wong ujan bro!. Setelah muter akhirnya si gue pesen beberapa makanan yang menurut si gue menggiurkan. Si gue beli Pasembur. Semacam batagor tapi isinya more more variatif. Ada baso ikan, baso cumi, baso kepiting, bakwan udang, kentang pokoknya banyak. Terus digoreng, di campur tauge dan dimakan pake saos ubi yang menurut si gue lumayan enak. Oia, sistemnya prasmanan. Jadi kalo misal alergi cumi ya jangan ambil baso cumi. Hihi. Tapi lumayan mahal sih kalo buat si gue. Si gue ngambil bakwan udang 2, bakwan biasa 2, baso ayam 1, baso ikan 3, baso cumi 2, baso kepiting 2, kentang 2 total RM 35, sekitar 100 ribu! Kalo buat minumnya sih standar. Buat rasa ya mirip batagor cuma isinya aja beda dan kuahnya gak ada kacang. Hihi. Oia, si Medan Selera Padang Brown ini sebenernya tempatnya enak buat nongkrong. Ada area semi indoor sama outdoor. Di ujung halaman, ada tugu yang namanya Monumen Brown. Untuk mengenang Tuan Brown, hartawan zaman penjajahan Inggris dulu yang menyumbangkan tanahnya buat dijadiin padang (lapangan-bahasa melayu) yang sekarang dijadiin foodcourt. Sayang sih hujan, kalo engga, enak kayanya buat ngopi sore-sore sambil diskusi (mantap!).
Overall, buat hari ini si gue ngeliat sepintas kalo Pulau Penang atau kita persempit lagi, George Town itu kota yang memiliki akulturasi budaya yang oke. Modern-nya ada, bangunan bersejarahnya juga ada. Bahkan tadi si gue sempet liat gedung-gedung dengan arsitektur lama dengan jalan khusus pedestrian yang nyaman. Pantes bule-bule bertebaran di sini (and suddenly I miss Braga, Malioboro and Kuta!).
Dan kebiasaan si gue, suka hanyut ke masa lalu (ea ea ea)kalo liat bangunan pake arsitektur lama bawaannya jadi ngebayangin keadaannya pas zaman dulu. Bangunan itu dulu dipake jadi gedung apa ya, orang-orangnya gimana ya, suasananya gimana ya, ya pokoknya berasa ditarik aja ke masa lalu. It would be so romantic if I could walk along this town and enjoy the architecture, and talking about history and everything. Wanna join me? (Serius, Braga Missing Syndrom detected!!).
Fiuh... meski sekarang si gue jadi keingetan buku yang baru tadi siang si gue kelarin (The Naked Traveller Anthopology : Horor) yang isinya begituan dan sering berhubungan sama bangunan-bangunan lama (Langsung play murotal di henpon!).
Ah syudahlah. Laporan hari ini cukup sekian. Si gue mau nonton dulu (Stolen, Nicholas Cage). Doakan yah, telinga waras. Gak ada subtitle-nya bro!(Latihan English ceritanya) dan doain juga biar dua draft tulisan bisa press liris malem ini (pinter! Ada dua draft malah nonton. Good!)
So, selamat menikmati malam ya Folks...
Jadi, mau kemana besok?


Catatan :
Kalo aja kota-kota tua di Indonesia dirawat kayak di George Town, si gue jamin pasti keren dan oke banget! I wish our goverment has a concern about this. And also proof their concern. Bukan sekedar wa-ca-na!
Hey! I have a Kota Tua feat Museum Bahari itinerary made by myself!! Nanti kapan-kapan kita share itinerary-nya yaa...
Doakan. Muach!

Komentar