[Pulau Penang] Don't judge The Restaurant by Its Place

Hello everybody...
I come back...
After through my evening by laugh and rain.
Well, jadi begitu si gue udah cantik dan wangi, si gue walk around dulu di sekitar hotel. Cari manisan sambil jalan-jalan menikmati sore yang mendung di Pulau Penang. Oia, FYI salah satu oleh-oleh khas sini adalah manisan. Kalo di sini disebutnya jeruk. Bukan jeruk buah yah! Jadi kalo ada toko yang namanya "Kedai Jeruk Ali" Itu artinya toko manisan Ali. Bukan buah jeruk. Got it? Jadi tadi si gue beli manisan campur (iya bisa dicampur. Manisan pepaya, kedongdong, salak sama mangga) 3 kilo tapi dibikin tiga bungkus. Sekilo harganya RM14. Lumayan. Jadi inget sama Cianjur. Hehe. Beres beli 'jeruk' si gue jalan deh ke Batu Feringgi, semacam area perpantaian gitu. Jaraknya 40 kilometer. Kalo di Jawa Barat mungkin landscape-nya mirip jalan yang mau ke Pangandaran yang lewatin Pantai Karang Nini. Yang jelas lebih pendek aja. Kayanya sih Feringgi itu tipe pantai landai penuh batu gede, tapi bukan batu karang. Kaya pantai-pantai di Bangka (One Day. Aamiin and I also has its itinerary by my own too.. Kalo gak ilang di makan hardisk eror tapi haha). Si gue gak turun, cuma jalan aja ke kota Feringgi-nya. Sampe di depan kantor polisi Feringgi si gue balik lagi karena udah magrib. Nah on the way balik ke hotel ai gue mampir dulu ke Padang Kota. Kalo di Indonesia mungkin semacam alun-alun gitu. Nah si alun-alunnya ini sebelahan sama laut... dan yang kerennya lagi gak jauh dari situ adalah pelabuhan kapal pesiar! Serius asli terkewer-kewer deh. Pas si gue ke pinggir laut di sebelah kanan si gue ada kapal pesiar tiga or empat deck lagi bersandar. Gede! Omegot! Tadinya pengen masuk, pengen liat-liat tapi kudu bayar tiket dan juga udah kelewat magrib jadi si gue cuma bisa dadah dadah lucu aja sama si kapal pesiar yang katanya dua bulan sekali merapat. Hiks. Akhir kata sampelah si gue di hotel. Leyeh-leyeh bentar terus keluar lagi. It's time for hunting some food bro! Berhubung satu dan lain hal si gue cari makan di sekitaran hotel. Nasib hotel di pusat kota, rame! Akhirnya pilihan jatuh ke restoran India yang tampak elegan. Namanya Hyderadab Recipe's yang pas banget di seberang hotel. Tempatnya kayaknya enak cuma feeling si gue rada aneh. Sepi bo! Kontras banget sama kedai mamak (semacam warteg tapi makanannya india dan arab gitu. Jangan disamain kaya warteg di Indonesia ya) yang ruame begete. Sampe-sampe mereka gelar meja di trotoar jalan (bukan cuma di Indonesia aja kan?!). Oke. Si gue masuk. Ada satu pramusaji, mas-mas jangkung dan botak licin yang pake baju cowo India kalo lagi santai. Celana panjang katun yang rada gombrang sama baju kaya semacam baju koko gitu. Liat menu, harganya lumayan. Dan asli, ini adalah pertama kalinya si gue gak bisa mengenali satu pun jenis makanan yang ada di menu! Roti nan-lah, tandoori-lah, pokoknya namanya juga si gue baru liat!. Bingung akhirnya si gue pilih roti nan kosong. Lagian gak nafsu juga sih sama minum teh panas. Ceritanya pergilah si mas mas botak itu ke dapur. It's observation time! Well, di meja udah disiapin seperangkat alat makan berupa garpu di kiri, pisau sama sendok di kanan plus gelas kaki di depan. Semuanya terbuat dari tembaga (atau semacam campuran kuningan). Berat bo! Dan pas si gue ketok-ketok gelasnya pake kuku, feeling si gue makin yakin kalo itu tembaga or kuningan. Mantap. Dekorasinya juga elegan tapi sepi. Hii. Dan ternyata lama pake banget masaknya! More than 30 minutes buat makan per-rotian. Haish. Perabotnya pun gak jauh-jauh dari tembaga. Si gue kan pesen teh panas, datenglah secangkir teh panas plus gula di dalam teko kecil sama sendok kecil yang bentuknya kaya sendok semen dan lagi-lagi dari tembaga. Ngakak! Si gue masukin gula setengah sendok dan si gue aduklah teh pesenan pake sendok semen mini itu. Beres, sendoknya si gue tinggal di dalam teh. Pas mau ngaduk lagi, sendoknya panas! What the. . . Udah gitu pramusajinya bikin gemes. Jadi pengen ngelus-ngelus kepalanya yang licin terus si gue jitak(becanda ding. Gak boleh begitu yah sama orang tua!). Dan akhirnya roti nan polos si gue dateng. Roti dua lembar yang mirip kaya kulit lumpia tapi tebel ini rasanya ya kosong aja. Plain. Sedihnya adalah gak dikasih apa-apa. Biasanya kan kalo si gue makan roti canai, mereka bakal ngasih kuah kari gitu buat dicocol si roti. Bengonglah si gue. Dua lembar man! Tawar pula. Kunyah aja deh sambil ketawa-ketawa dalam hati. Nertawain kekonyolan sendiri. Hihi. Daripada marah-marah karena kecewa, mending ketawain diri sendiri. Gak ada yang sakit hati. Haha. Kontradiktif banget emang tuh restoran. Tempat oke, atmosfir elegan, eh makanan kocak-kocak. Mana banyak makanan yang gak tersedia pula! Dan pas si gue mau balik ke hotel, begitu kaki menginjakkan trotoar, keciumlah wangi masakan sebelah yang lagi bikin kwetiau goreng. Glek. Nelen ludah (meski perut udah kenyang ya).
Dan akhirnya.. Malam terakhir di Pulau Penang si gue abisin di kamar hotel sambil karaokean gak jelas (don't ask why!). Padahal di luar tukang becak hias memanggil. Dadah pak...
Jadi ya begonolah cerita si gue malam ini di Pulau Penang. Ditutup dengan satu cup pop mie panas rasa ayam yang lagi menanti buat dimakan dan sebungkus ciki kentang. Nyam
See you dan sampe jumpa di jalan-jalan selanjutnya yak.
Bye!

Komentar