Bandung Raya : Tak Kenal Maka Tak Sayang

Halo, halo Bandung ibukota priangan
Halo, halo Bandung kota kenang-kenangan
Sudah lama beta tidak berjumpa denganku
Sekarang telah menjadi lautan api!
Mari bung rebut kembali!


Bandung, siapa yang gak kenal sama Bandung. Dan sesuai sama lagunya, Bandung kota kenang-kenangan. Bandung emang tukang bikin kangen. Bener? Nah tempat atau daerah yang pengen si gue bahas pertama kali di dalam label JAL-E ini adalah Bandung (prok prok prok). Kenapa Bandung? Karena Bandung udah jadi rumah buat si gue (dilempar e-ktp sama Kang Emil). Serius. Bandung, even cuma beberapa taun udah jadi rumah buat si gue. Pokoknya Bandung aku padamu! Nah, mungkin untuk Bandung bakal si gue bahas dalam beberapa part ya. Sengaja. Namanya juga hometown, kudu lebih jelas dan detail dari yang lainnya. So, here we go. . 


Bandung. Rasa-rasanya hal pertama yang perlu kita breakdown dulu itu masalah geografis kali yah. Soalnya selama ini orang selalu beranggapan kalau cimahi itu Bandung, Lembang itu di Bandung, Ciwidey itu Bandung, bahkan objek wisata Sari Ater dibilang Bandung (padahal SUBANG). Jadi gini ya sodara-sodara. . .  Bandung itu ada 3 jenis. Alias ada 2 kabupaten dan 1 kota yang sama-sama namanya Bandung. Kita sebut aja wilayah ketiganya (dan 1 kota lain, Cimahi) sebagai Bandung Raya.

Bandung Raya ini terdiri dari :
1. Kabupaten Bandung : Ibukota Soreang
2. Kabupaten Bandung Barat : Ibukota Ngamprah
3. Kota Bandung : Ibukota Bandung
4. Kota Cimahi : Ibukota Cimahi

Nah, kebayang kan? Biar lebih jelas, biar peta yang berbicara...

[Kabupaten Bandung]





Jadi, ciwidey, Pangalengan, Baleendah, Soreang, Cimenyan dan kawan-kawannya itu bukan kota Bandung ya Folks, tapi Kabupaten Bandung. . . Catet....




[Kabupaten Bandung Barat]




Nah loh, jangan ngaku-ngaku ke kota Bandung ya kalo Fols ternyata cuma mampir ke Lembang doang. Lembang soalnya masuknya Kabupaten Bandung Barat, bukan Kota Bandung. Hihihi






[Kota Bandung]

Tada... ini dia baru Kota Bandung. Gimana? Jelas? jelas? Nah kalo kota Bandung baru deh yang ada Ridwan Kamilnya. Jadi plis ya jangan sampe salah komplen. Asik aja ngeluh ke Kang Emil, tapi ngeluhnya ngeluh jalan di lembang macet. Plis deh yaa . . .



[Kota Cimahi]









Terakhir, ini dia Kota Cimahi.










Jadi piye? Udah fahimtum? (jawab fahimna yaa)... Semoga dengan adanya info ini Folks yang sekarang lagi ber-weekend di Bandung gak keliru yah. Small things sih, toh orang-orang juga gak terlalu peduliin. Tapi Folks sedih gak kalo misalnya Folks punya kembaran, dan orang yang manggil Folks selalu manggil dengan nama kembaran Folks. Sepele tapi sakit gak sih? Celekit kan yah? So, jangan sia-siain usaha pemerintah yang udah nata Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung sama Kota Cimahi. Kesian kan ntar bupati ama walikotanya tersinggung kalo semuanya dipanggil Bandung. . . 

Terus di Bandung Raya kita bisa kemana aja nih? Banyak. Tapi sebelum kita masuk jalan-jalan ke Bandung Raya, si gue mau kasih tau gimana caranya sampe Bandung Raya dulu yaa...

[HOW TO GET THERE]
Jangan salah baca! Bukan how to get her ya!
Ok, biar gampang, si gue jelain dulu. Pintu gerbangnya Bandung Raya ada beberapa buah, yaitu :

1. Terminal Bus Leuwi Panjang

Biasanya bis dari arah barat (Sukabumi, Bekasi, Purwakarta, Karawang, Jakarta, dkk) masuknya ke     terminal bis ini. Banyak kok bis ekonomi sampe AC, ada primajasa, MGM, dan lain-lain. Nanti dari terminal ini juga Folks bisa naik angkutan umum lain buat nyebar ke Bandung Rayanya. Ada angkot baik yang mau ke arah selatan (ciwidey, sorenga, dkk), ke arah barat (cimahi, dkk) sama ke arah utara (kota bandung). Ada yang sekali naik, ada juga yang harus beberapa kali naik. Kalo Folks tujuannya mau muter kota Bandung, naek bis Damri aja, atau engga naik angkot jurusan terminal angkot Kalapa. Disitu deh bersemayan angkot segala jurusan ke kota Bandung. Kalo ongkosnya mah, gimana jarak yah. Ya kalo deket dua ribu, kalo jauh ya kira-kira aja yah (maklum, kenet angkot gak lulus). And lucky you karena si gue yang baik hati ini punya link aplikasi yang bisa bantui Folks buat cari angkot. Ya ibarat Gmap tapi ini buat rute angkot. Jadi, monggo dicari alamat yang dituju. Jangan sampe salah alamat ya, berabe bo... angkot.tibandung


2. Terminal Cicaheum

Nah ini juga sama, terminal bis tapi letaknya agak ngetimur yah. Soalnya terminal ini emang tempat mangkalnya bis-bis yang dateng dari timur kaya bis dari Garut, Tasik, Ciamis, Jawa Tengah, Yogyakarta sana Jawa Timur. Jadi buat Folks yang asalnya dari timur Bandung bakal masuk ke Terminal Cicaheum. Di Terminal Cicaheum juga ada angkot sama bis Damri yang bisa bawa Folks ke Terminal Angkot Kalapa atau ke pusat kota Bandung. Tinggal pilih aja mau kemana. Bisa kok di cek pake aplikasi di atas. Ato engga, pesen ojek online aja. Udah available kok di Bandung (dengan bonus si mamangnya banyak yang ganteng loh!). 

3. Stasiun Bandung

Buat yang mabok kalo naik bis, mending naek kereta aja. Enak. Lebih cepet terus gak kena macet (kecuali ganti loko atau masinisnya lagi galau). Nah biasanya kereta-kereta bisnis , eksekutif dan kawan-kawannya itu berentinya di Stasiun Bandung yang letaknya lebih ngota dan lebih angkotable (banyak angkot menuju kota maksudnya). Kalo Folks yang dari Jakarta bisa tuh pake kereta Argo Parahyangan yang laris manis kaya kacang rebus di musim hujan (maap, laper). Sehari bisa sampe delapan kali jadwalnya. Dulu sih primadona banget tapi semenjak ada tol Cipularang, semua berubah (backsound film Avatar). Berhubung si gue gak mungkin juga ngecekin satu-satu jadwalnya si Argo Parahyangan dan kereta dari kota lain, jadi Folks cari sendiri aja ya jadwal keretanya. Jangan jadi anak manja deh ya... kereta-api . Jangan lupa folks lagu 'Kereta Malam'-nya hihi..

4. Stasiun Kiara Condong

Selain stasiun Bandung, ini dia stasiun yang juga jadi pintu masuk ke Bandung Raya. Biasanya, biasanya loh yah, kereta-kereta ekonomi khususnya yang dari arah timur berentinya disini meski ada juga yang berenti di Stasiun Bandung. Seperti namanya, stasiun ini emang adanya di daerah Kiaracondong. Buat Folks yang misalnya naek kereta terus turun disini pada malam hari, waspada ya soalnya kadang suka banyak koboi jalanan gitu disekitar situ but alhamdulillah during my experience yang almost turun dan naeknya di stasiun ini (maklum yak. Tiket bisnis mahal broh!) dari yang dini hari (rekor jam 04.00 pagi) bahkan dini hari juga (jam 01.00) alhamdulillah aman damai sentosa. Tapi tetap waspada ya karena yang namanya kejahatan ada karena adanya kesempatan (meski gak selalu dalam kesempitan). 

5. Bandara Husein Sastranegara

Buat yang punya budget lebih, biasanya milih naek pesawat. Lebih cepet beberapa kali (Bandung-Bali by bus : 22 jam, by plane : 2 jam). Meski masih nebeng sama TNI AU, tapi bandara ini berfungsi dengan baik kok. Istilahnya kecil-kecil imut dan unyu gitu. Tapi sekarang dalam proses perluasan kok. Semoga aja awal januari bisa siap pake yah terminal barunya. Nah si bandara ini letaknya rada minggir dikit, deket sama Cimahi cuma belom masuk Cimahi kok. Masih kota Bandung. Dari bandara, Folks bisa pake taksi atau ojek tapi kalo mau naik ojek harus mau jalan kaki kurang lebih 200 meter ke depan gerbang kawasan TNI AU-nya. Soalnya setau si gue ojek gak ada yang mangkal deket bandara. Kalaupun mau pake ojek online pun belom bisa soalnya terakhir kondisi hubungan ojek online sama para supir taksi dan ojek mangkal kurang harmonis. Jadi si ojek online belom bisa masuk bandara. Ya semoga aja sekarang-sekarang udah bisa yah. 

6. Another

Hah, another? Nama apaan tuh? bandara?terminal? pelabuhan? (getok pake sendok. Bandung Raya gak punya pelabuhan!) Maksudnya disini itu, adalah tol Cipularang. Haha. Jadi yah semenjak taun 2005 lahirlah tol Cipularang yang jadi shortcut Bandung-Jakarta (juga kota-kota lain disekitar Jakarta). Dengan adanya si tol ini, muncul pula usaha travel atau jasa shuttle yang makin hari makin menjamur kaya jamur di musim hujan. Ada Cipaganti, Baraya, Daytrans, Cititrans, Xtrans dan lainnya. Yang si gue sebut diatas adalah mereka yang jam jalannya udah tinggi alias banyak rutenya. Yang dari bogor, bekasi, purwakarta bahkan ada beberapa yang buka rute Jawa Tengah-Bandung bahkan Bali-Bandung. Tinggal pilih aja sih sesuai kebutuhan (dan dompet). Dan buat yang mau bawa kendaraan sendiri juga boleh, asal tetep matuhi peraturan lalulintas yah dan jangan lupa, sediain tempat sampah kecil di dalem mobil. Soalnya ada peraturan di Bandung kalo setiap mobil kudu ada tempat sampah di dalemnya. Takutnya Folks apes, lagi ada razia dan kena, kan sayang cicisnya 250 ribu melayang. So, modal dikit lah yah, 25 ribu  aja buat si tempat sampahnya. 


Okeeeee. . . 
Itu dia sekilas tentang Bandung Raya dan HOW TO GET THERE-nya. Itu si gue pake cara yang umum. Barangkali Folks ada yang pake cara luar biasa masuk ke Bandung Rayanya (pake helikopter misalnya, mungkin bisa di share posisi-posisi helipad di Bandung selain di bandara tentunya). 
Besok lanjut lagi, masih tentang Bandung Raya. Ada what to do and what to see, ada what to buy and what to eat juga di akhir akan ada bonus tambahan buat Folks yang pengen menikmati akhir pekan di Bandung. Dan jangan lupa bahagia kalo ke Bandung karena orang Bandung mah bahagia selalu. . . 

Komentar